CATATAN SIM SELAMA PERKULIAHAN BERLANGSUNG

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Definisi SIM :
Sistem manusia-mesin yang terpadu, guna menyediakan informasi yang mendukung proses, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dalam suatu organisasi.

Komponen Pembangun SIM :

• Hardware
Perangkat yang di Gunakan untuk melaksanakan kegiatan INPUT-Proses-OUTPUT.
• Software
Program yang di gunakan pada hardware.(system software dan application software.
• Database
Aplikasi khusus yang digunakan untuk mengorganisasikan data dan informasi pada suau proses operasi suatu organisasi.
• Infrastruktur
( perlatan telekomunikasi, internet, jaringan /network).
• People ( manusia ), User
• Prosedur
Aturan dalam menjalankan suatu organisasi.
• Model
Gambaran dari kenyataan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi pasar dan legal restriction. Semua model didasrkaan asumsi yang bersifat konsisten.

Jenis-jenis Model :

1. Model naratif
2. Model fisik
3. Model skematik
4. Model matematik

Tipe System Informasi :

• EXECUTIVE SUPPPORT SYSTEM (ESS)
Level Strategis.
• MANAJEMEN INFORMATION SYSTEM (MIS)
Level Management.
• KNOWLEDGE WORK STATION (KWS)
Level Management.
• TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (TPS)
Level Operasional.

Tipe system Informasi berdasarkan Tingkatan manajemenya :

1. level operasional
Membantu manager operasional dalam memantau kegiatan atau transaksi rutin harian dalaam organisasi.
2. level knowledge system
Membantu know ledge dan data worker dalam merancang produk, mendisribusikan informasi dan pembuatan dokumen
dalam suat organisasi.
3. level manajemen
Membantu kegiatan pemantauan , pengawasan, pengambilan keputusan dan kegiatan administrative dari middle manajemen.
4. level strategic
Membantu perencanaan kegiatan jangka panjang dari senior manager.

E –COMMERCE
E-commerce secara umum dapat diartikan sebagai proses transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik

Jenis-jenis Transaksi E-commerce

• Busines to Busines (B2B)
• Bussines to Cunsumer (B2C)
• Consumer to Consumer (C2C)
• Consumer to Bussines (C2B)
• Non-Bussines Electronic Commerce
• Intrabussines (Organizational) Electronic Commerce

Faktor Pendukung E-Commerce.
• Cakupan yang luas
• Proses transaksi yang cepat
• E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
• E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
• E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat

Keuntungan E-Commerce.
Keuntungan Produsen
• Kemampuan grafis internet mampu memperlihatkan produk apa adnya (natural) serta dapat membuat brosur berwarna dan menyebarkannya tanpa ongkos/biaya cetak
• Lebih aman membuka toko online dibanding membuka toko biasa
• Berjualan di dunia maya internet tidak mengenal hari libur, dan hari besar, semua transaksi bisa dilakukan kapan saja dimana saja
• Tanpa batas-batas wilayah dan waktu, sehingga memberikan jangkauan pemasaran yang luas dan tak terbatas oleh waktu.
• Revenue stream (arus pendapatan) yang baru yang mungkin sulit atau tidak dapat diperoleh melalui cara konvensional
• Meningkatkan market exposure (pangsa pasar), dimana dengan penggunaan e-commerce memungkinkan untuk meningkatkan pangsa pasar yang semula mempunyai pangsa pasar di dalam negeri saja, dengan adanya e-commerce maka pangsa pasar menjangkau luar negeri.
• Menurunkan biaya operasi (operating cost), penggunaan teknologi internet memungkinkan untuk melakukan kegiatan perdagangan selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, dimana hal tersebut tidak berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan untuk biaya lembur untuk karyawan atau pegawai, karena segala sesuatunya dikerjakan oleh komputer yang tidak membutuhkan operator untuk menjalankan proses perdagangan, cukup hanya dengan penggunaan software tertentu maka segala aktivitas dalam transaksi perdagangan dapat dilakukan.
• Penghematan besar yang dimungkinkan melalui e-mail, penghematan ini terjadi karena berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali adanya penggunaan kertas dalam segala proses transaksi, dimana segala sesuatunya di dalam e-commerce menggunakan suatu data digital sehingga tidak membutuhkan kertas sebagi media, yang pada akhirnya memberikan penghematan besar terhadap pengeluaran dalam proses transaksi.

Keuntungan Konsumen (customer)
• Memungkinkan transaksi jual beli secara langsung, mudah dan nikmat, maksudnya adalah proses jual beli yang terjadi dalam e-commerce tidak membutuhkan perantara, dimana proses transaksi yang terjadi langsung antara merchant dengan customer. Sehingga, hal ini memberikan suatu kemudahan karena tidak perlu suatu proses transaksi yang berbelit-belit dan cenderung lama, yang pada akhirnya hal ini memberikan kenikmatan terhadap customer dalam melakukan transaksi perdagangan melalui internet.
• Disintermediation adalah proses meniadakan calo dan pedagang perantara. Dengan kata lain, konsumen tidak perlu membayar lebih untuk sebuah barang atau jasa yang dibelinya. Penggunaan e-commerce merupakan proses transaksi langsung antara merchat dengan customer tanpa memerlukan perantara meskipun keberadaan para pihaknya jauh atau berbeda negara, dengan e-commerce customer dapat mengecek langsung keberadaan barang yang dibutuhkan, serta mendapatkan harga yang langsung diberikan oleh merchant, sehingga biaya yang dikeluarkan tidak jauh lebih mahal. Hal ini berbeda dengan perdagangan secara konvensional, ketika seseorang dari suatu negara membutuhkan barang atau jasa dari luar negeri, orang tersebut tidak mungkin mendatangi langsung penjual barang tersebut di negaranya, karena hal tersebut tentu saja menambah biaya dan memerlukan cukup banyak waktu itupun belum termasuk dengan keberadaan barang yang dibutuhkan apakah masih ada atau telah habis, sehingga orang yang membutuhkan barang tersebut tentu saja membutuhkan perantara pedagang lain dalam hal ini adalah importir yang tentu saja harga barang yang dibutuhkan akan semakin mahal.
• Menggunakan digital cash atau elektronik cash (e-cash). Tanpa harus membayar dengan uang tunai. Maksudnya adalah customer tidak perlu membawa uang tunai untuk membayar transaksi jual beli yang dilakukannya dengan pihak merchant, dimana pembayaran yang dilakukan oleh customer cukup dengan mentransfer sejumlah uang sesuai dengan harga barang yang dipesan plus ongkos kirim kepada rekening yang telah disediakan oleh pihak merchant, atau juga hanya dengan memasukan nomor kartu kredit yang dimiliki oleh customer dalam form pembayaran yang telah disediakan oleh pihak merchant. Sehingga dengan cara yang demikian semakin memberikan kemudahan dalam bertransaksi yang kemudian memberikan rasa aman karena tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang tidak sedikit untuk diserahkan kepada merchant yang penuh resiko terhadap tindak kejahatan seperti perampokan dan sebagainya.
• Memberikan kesempatan konsumen yang berada di belahan dunia manapun untuk dapat menggunakan sebuah produk atau service yang dihasilkan dari belahan dunia yang berbeda dan melakukan transaksi dan meraih informasi dari pihak pertama sepanjang tahun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.
• Memberikan kesempatan konsumen untuk mendapatkan produk atau service terbaik dari berbagai pilihan yang ada karena konsumen mendapat kesempatan untuk memilih berbagai jenis produk atau service secara langsung.
• Memberikan kesempatan bagi konsumen yang terpisah tempat tinggalnya dari produsen untuk berinteraksi, berdiskusi, dan bertukar pengalaman. Sehingga akan sangat menguntungkan produsen untuk meningkatkan kualitas produk atau service sesuai dengan yang diinginkan oleh konsumen.

Keuntungan Masyarakat Umum dan Pemerintah
• Semakin banyak manusia yang bekerja dan beraktifitas di rumah dengan menggunakan internet berarti mengurangi perjalanan untuk bekerja, belanja, dan aktifitas lainnya, sehingga mengurangi kemacetan jalan dan mereduksi polusi udara.
• Meningkatkan daya beli dan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan produk atau service yang terbaik karena perusahaan yang mengeluarkan produk atau service dapat menjualnya lebih murah karena biaya produksi yang rendah.
• Mengurangi pengangguran karena masyarakat semakin bergairah untuk berbisnis karena cara kerja yang gampang dan tanpa modal yang besar.
• Meningkatkan daya kreatifitas masyarakat, berbagai jenis produk dapat dipasarkan dengan baik, sehingga akhirnya juga membantu pemerintah untuk menggairahkan perdagangan khususnya usaha kecil menengah.

Permasalahan E-Commerce
• Keamanan (security), fraud
• Banyaknya standar
• Regulasi / hukum
Bagaimana status dari digital signature, penggunaan teknologi kriptografi, cyber money, aplikasi gambling, pornografi, HaKI?
• Kesiapan institusi keuangan, bank, e-payment

KOMUNIKASI DATA

Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi untuk pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih device dalam bentuk digital yang di kirimkan melalui media komunikasi data.

Komponen Komunikasi data:
-.Pengirim : piranti yang mengirimkan data.
-.Penerima : piranti yang menerima data.
-.Data : informasi yang belum di olah yang akan dipindahkan.
-.Media penyimpanan: media yang digunakan untuk pengiriman data.
-.Protokol : aturan aturan yang di gunakan untuk menyelaraskan hubungan antara pengirim dan penerima data.

Jenis Komunikasi data :
-. Infrastruktur Teresial
Menggubakan kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Beberapa layanan yang termasuk terestrial antara lain : SDL (Sambungan data langsung), Frame relay, VPN dan Sambungan Komunikasi Data Paket(SKDP).
Menggunakan satelit untuk akses biasanya wilayah yang di cakup sangat luas dan mampu menjangkau oleh Infrastruktur terrestrial atau melalui kabel.

Faktor yang harus di Perhatikan pada Komuniasi data.
-. Lokasi lokasi pemrosesan data.
-. Lokasi terminal atau remote
-. Kepadatan tiap lalulintas tiap tipe transaksi.
-. Prioritas informasi yang akan di sampaikan
-. Keandalan system
-. Revenue yang mungkin di dapat.

Kegunaan komunikasi data pada kebutuhan sehari hari :
-. Percetakan jarak jauh
-. Bank (on line) lebih memudahkan nasabah untuk menabung/ mengmbil uang.
-. Biro transportrasi, reservasi tiket layanan.
-. GPRS pada Handphone dan sebagainya.